Jumat, 18 Januari 2013

Masa-Masa LDKS Sama Kakak-Kakak Argonaut

Masa-Masa LDKS Sama Kakak-Kakak Argonaut


 Ini adalah foto saat aku dan kawan-kawan se-angkatan (Arcturus) beres menikmati masa-masa LDKS.
Kami di foto bareng kakak-kakak angkatan Argonaut. Namun aku kecewa mengapa kakak-kakaknya cuma sedikit yang ikutan foto bareng. Padahal aku mengharapkan semuanya ada di dalam foto, sebagai bukti jika aku sudah besar aku bisa mengingat memori saat aku LDKS.


  Ini juga adalah foto saat aku dan kawan-kawan se-angkatan (Arcturus) beres menikmati masa-masa LDKS namun bareng Kak Rizwan sering dipanggil Lana (bukan anak OSIS sih tapi orangnya lucu).

Kalau ini foto saat aku dan kawan-kawan Arcturus di rumah Baldi dalam acara ARABICA 2012.
Disitu dapat dilihat ada Kakak angkatan Argonaut yang sedang menikmati acara tersebut.
Di sebelah kiri ada Kak Ihsan Arrizal (Ketum OSIS saat itu sekaligus orang yang aku suka saat itu :P), dilanjut Kak Robby Anddara (kakak OSIS yang hobby-nya memotret); lalu Kak Afif Tribawono; disamping Kak Afif aku ga tau itu siapa soalnya terhalang  . Kemudian Kak Dzaky Alpin Kurniawan (yang memakai baju ungu); Kak Rahadian Nugi Sutrisno (yang memakai baju belang hitam abu);
Kak Fikri Anwar (baju kemeja biru); yang memakai baju oranye aku lupa lagi  .
Untuk yang paling belakang ada Baldi (teman Arcturus yang suka pakai ikat kepala, biasalah melestarikan budaya); dan yang memakai kerudung abu di belakang yang mukanya terlihat smile itu adalah AKU.


Itulah mungkin sepintas tentang masa-masa LDKS-ku kemarin. Semoga kan selalu abadi kukenang.


Salam ARCTURUS


 
  Share on Facebook Share on Twitter

Makanan Tradisional Indonesia (Peuyeum/Tape Ketan) Dari Jawa Barat.

Cara Buat Tape Ketan Hitam / Peuyeum.

Tape Ketan hitam, nah itu dia bahan untuk membuat tape ketan hitam.
buat es campur atau beli terkadang paling sip jika diberi tape biasa yang tape ubi, dan tape ketan hitam biasanya paling enak dimakan bareng es krim puter.

Yang Belum pernah buat tape ketan hitam Berikut caranya :

Bahan :

  • 500 beras ketan hitam
  • 2 gelas air
  • 2 butir ragi tape
  • 2 sdm gula halus ( jika perlu )

Cara Membuat :

  • Beras ketan hitam dicuci bersih, lalu rendam semalam karena ketan ini tergolong keras makanya perlu direndam semalemnya biar tidak susah.
  • Tiriskan lalu kukus hingga setengah matang cuma dikukus, klo sulit mending masak dengan sedikit air kira kira setenga mata baru pindahkan untuk dikukus.
  • Sementara mengukus siapkan air panas 2 gelas.
  • Saat ketan sudah panas kepul-kepul, siram-siram dengan air mendidih (posisi tetap diatas kompor) sambil diaduk-aduk hingga semua ketan terkena air panas.
  • Teruskan mengukus hingga ketan matang.
  • Angkat ketan ratakan dalam nampan atau tampah yang rada besar.
  • Biarkan hingga benar-benar dingin.
  • Haluskan raginya.

  • Ratakan selapis ketan dalam wadah ukuran sedang, taburi ragi hingga rata. Taburkan juga gula halus secukupnya.( tanpa gula juga tidak apa ) karena nantinya juga manis.
  • Tambahkan selapis ketan lagi diatasnya, beri ragi dan gula kastor. Lakukan seterusnya hingga bahan habis.
Tutup rapat dan diamkan selama 3 hari 2 malam di tempat yang hangat.
Ada baiknya siapkan wadah seperti baskon kecil atau sedang, kemudian diberi daun pisang dalam wadah baskon tadi baru ketan hitam yang telah diberi ragi diletakan dalam baskon yng sudah diberi alas daun pisang, kenudian tutup  rapat seperti membungkus nasi halus rapat. bisa juga diatasnya ditutup kain.

Kira kira 3hari hari boleh dibuka, jangan dibuka sebelum 2 atau 3 hari karena proses permentasinya bisa terganngu, bisa juga dicium dari aromanya, jika tape ketan hitam sudah jadi biasanya harum tandanya sudah jadi jadi gak perlu dibuka sebelum saatnya cukup dicium. 

Simple, kan...!!! 
Tinggal coba di rumah.

Selamat Mencoba..!!!


Banner/widget lainnya »  PageRank